Friday, April 26, 2013

Alamat Website dan Blog Puisi/Sastra

Dari sekian banyak website dan blog puisi atau sastra yang bertebaran di internet, cukup banyak pula website dan blog yang menerima kiriman tulisan hasil karya pembaca, baik puisi, cerpen, artikel, esai, maupun berita. Namun, ada pula yang berisi koleksi tulisan/karya yang hanya diposting oleh admin website/blog, tidak menerima postingan dari pembaca. Berikut ini saya tuliskan beberapa alamat website dan blog puisi atau sastra tersebut. Semoga bermanfaat.

http://www.puisiku.net/
Dalam puisiku.net pembaca bisa mengirimkan puisi dan mengapresiasi puisi milik teman-teman lainnya, juga ada interaksi pembaca.
http://www.puisi.org/
Puisi.org adalah web yang berisi kumpulan puisi cinta, puisi alam, puisi bebas, puisi alam dan puisi-puisi lainnya yang bersumber dari para kontributor (pembaca) yang dengan senang hati berbagi puisi. Puisi-puisi dalam puisi.org juga bersumber dari milis-milis puisi dan beberapa situs puisi.
http://toppuisi.com/
Toppuisi.com mencoba menjadi sebuah website Komunitas Para Pecinta Sastra Indonesia maupun negara lain yang ingin menampung semua aspirasi dan unek-unek teman semuanya. Pembaca bisa mengirimkan semua hasil karyanya dan menambah koleksi puisi-puisi untuk berbagi kepada teman atau hanya sekadar untuk membaca.
http://apresiasipuisi.multiply.com/
Pembaca bisa meng-upload puisi plus gambar pendukung dalam blog ini.
http://duniapuisi.110mb.com/
Website Dunia Puisi mencoba menjadi wadah buat pembaca yang menggemari puisi dan ingin tahu lebih banyak tentang puisi. Pembaca dapat meng-upload puisinya.
http://www.penyair.com/
Dalam website ini pembaca dapat mengirimkan puisi karyanya untuk dimuat.
http://lenterahati.web.id/
Lentera hati adalah media untuk saling berbagi informasi, bahasa dan sastra, motivasi, puisi, cerpen, teknologi dan semua hal di sekitar kita. Pembaca dapat mengirimkan artikel, puisi, dan informasi lain
http://penyairnusantara.blogspot.com/
Situs ini mengajak pembaca bergabung dengan mengirimkan karya puisi, biodata singkat beserta foto, esai, dan artikel tentang sastra dengan mengirimkannya ke email  merayusukma49@yahoo.co.id. Jika ingin blog Anda jadi agregator member Penyair Nusantara silakan isi regestrasi yang telah disediakan.
http://sejuta-puisi.blogspot.com/
Blog puisi ini milik penyair Hasan Aspahani. Blog ini adalah kamar kerja pemilik blog. Dalam blog ini dimuat puisi-puisi yang cukup bagus baik karya Hasan Aspahani maupun penyair terkenal yang lain.
http://binhadnurrohmat.com/
Ini blog sastranya penyair Binhad Nurrohmat. Isinya esai dan artikel sastra (tentang puisi-puisi erotik Binhad) serta info buku-buku puisi Binhad.
http://sastra-indonesia.com/
Sastra-indonesia.com berisi koleksi artikel, esai, puisi, dan tulisan-tulisan tentang sastra yang diposting dengan tekun dari berbagai situs milik para sastrawan terkenal di Indonesia. Penanggung jawab keseluruhan posting: pustaka_pujangga@yahoo.com.
http://dkj.or.id/
Situs milik Dewan Kesenian Jakarta ini memuat berbagai artikel, esai, berita, kalender kegiatan seputar film, sastra, musik, seni rupa, teater, dan tari.
http://penyair.wordpress.com/
Blog Malaysia ini memuatkan himpunan puisi klasik dan modern yang segar sepanjang zaman, nukilan penyair terkenal seperti Khalil Gibran, Umar Khayyam, Chairil Anwar serta puisi sastrawan Malaysia seperti Usman Awang dan penulis modern masa kini. Turut diselitkan puisi tradisional Melayu seperti pantun, nazam dan gurindam.
http://www.soneta.org/
Situs ini memuat karya soneta se-Nusantara, dari soneta lama hingga soneta yang ditulis oleh penyair-penyair Indonesia modern. Ini merupakan situs soneta yang cukup lengkap.
http://rumahpuisi.com/
Website ini diasuh oleh sastrawan Taufik Ismail, berisi info dan interaksi pembaca dengan pengelola Rumah Puisi di Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Rumah Puisi adalah gabungan dari perpustakaan, tempat pelatihan guru bahasa dan sastra, sanggar siswa membaca buku dan berlatih menulis, tempat sastra Indonesia dan Minangkabau diapresiasikan, sastrawan berinteraksi.
http://www.gudangpuisi.com/
Kumpulan puisi cinta, romantis, ulang tahun, puisi untuk ibu dan sajak cinta untuk sahabat, juga ada interaksi pembaca.
http://caping.wordpress.com/
Blog ini berisi esai-esai sastrawan Goenawan Muhammad (GM) yang ditulis dalam rubrik Catatan Pinggir di Majalah Tempo yang terkenal itu (telah dibukukan hingga 6 jilid tebal). Selain itu, ada juga tulisan-tulisan seputar GM dan karyanya. Blog ini dibuat oleh Bang Anick atas sepengetahuan GM.

Saya tambahkan daftar alamat situs sastra lainnya yang bisa dikunjungi:
http://sastra-indonesia.com/
http://media-dunia-sastra.blogspot.com/
http://media-sastra-nusantara.blogspot.com/
http://media-sastra-indonesia.blogspot.com/
http://www.puisi-puisi-indonesia.blogspot.com/
http://pembebasan-sastra.blogspot.com/
http://sastra-tanah-air.blogspot.com/
http://sastragerilyawan.blogspot.com/
http://sastra-pesantren.blogspot.com/
http://www.sajak-sajak-pertiwi.blogspot.com/
http://sastraindonesiaku.blogspot.com/
http://x-dhay-yadie.blogspot.com/ 

No comments:

Post a Comment